Wartawan BBC menyamar ke Korut

universitas terkemuka di inggris melancarkan kecaman ke bbc (media inggris), minggu, karena wartawan bbc telah menyamar dijadikan mahasiswa tingkat doktoral danmelakukan perjalanan akademis untuk mencari film dokumentasi ke korea utara (korut).

cara tersebut dapat membahayakan mahasiswa selama rombongan itu, yang tidak hapal rencananya.

london school of economics (lse) menyatakan kiranya tiga wartawan bbc--termasuk asli wartawan yang disegani, john sweeney--bergabung selama perkumpulan mahasiswa dan tengah mengerjakan kaji wisata selama akhir maret. mereka berpura-pura menjadi wisatawan, lalu mencari film perihal negara tertutup itu.

pihak universitas menungkapkan kiranya para mahasiswa sudah memperoleh pemberitahuan bahwa banyak asli wartawan dan hendak ikut bersama mereka, ternyata tak jelas apakah bbc bertujuan membeli perjalanan itu agar merekam diam-diam film yang ingin diputar di website panorama yang menyiarkan topik-topik hangat.

Informasi Lainnya:

ini bukan pendidikan wisata terjamin lse, papar craig calhoun, direktur perguruan tinggi itu di akun twitter, semisal dikutip reuters.

bbc mengaturnya, memanfaatkan perkumpulan tersebut untuk menjaring audien.

ketegangan pada semenanjung korea meningkat akhir-akhir ini sebab ancaman peluncuran nuklir dengan korut.

lse menyampaikan bahwa sweeney, alumnus tahun 1980, menyatakan dijadikan mahasiswa doktoral jenis sejarah, agar bisa lolos masuk negara itu, sekalipun saat ini ia tidak memiliki hubungan dengan lembaga studi tinggi itu.

staf bbc mengakui kiranya rombongan itu sengaja menyamarkan keterlibatan bbc selama kunjungan itu, kata lse.

menurut lse, kaum mahasiswa dan ikut pergi tak diberitahu melalui detail untuk bisa menyetujui, juga menempatkan mereka dalam bahaya jika penyamaran itu terungkap sebelum mereka mengakibatkan korut.

lse membayar bbc supaya baik film dokumenter dan berdasarkan rencana mau diputar dalam hari senin mendatang, akan tetapi direktur penyiaran menolak permintaan itu.

para mahasiswa melalui tegas telah diberitahu juga diperingatkan potensi risiko perjalanan ke korut bersama wartawan, tulis bbc dalam lamannya.

termasuk dan peringatan mengenai risiko ditangkap serta ditahan serta kemungkinan mereka tidak diperkenankan lagi masuk ke korut selama masa mendatang.

sweeney membela diri dalam akun twitter dengan menulis lse mengeluarkan pernyataan yang kita perdebatkan.

kami beranjak ke korut melalui menyamar. agen korut tentu tidak senang. mahasiswa lse tahu akan keuntungan ini sebelum beranjak. mereka setuju.

laman keindahan menyatakan bahwa sweeney menghabiskan masa delapan hari agar menyamar tepat di jantung negeri yang diawasi melalui ketat.

bepergian daripada pyongyang ke daerah pedesaan dan termasuk kawasan de-militarisasi--di perbatasan dengan korea selatan--sweeney menikmati pemandangan yang suram, orang-orang dicuci-otak selama tiga generasi juga rezim dengan senang menyerahkan kesan berbaris menuju armageddon, tulisnya.

lse menungkapkan, aspek-aspek mengenai korut sah merupakan bahan penelitian dari semua tinjauan disiplin ilmu, sementara bbc sudah merusak nama perguruan tinggi dan membahayakan kunjungan ke korut dan berikutnya, dan ke negara lain.

karya bbc itu memesan mahasiswa berada dalam bahaya, padahal tampaknya tidak mencari info baru kecuali hanya menunjukan korea utara semisal dan dilihat wisatawan, papar calhoun.