Polisi amankan tiga lagi pelaku pembakaran di Palopo

aparat kepolisian resor palopo menjerat tiga orang dulu yang diduga terlibat pada pembakaran kantor pemerintah kota palopo pada kerusuhan mengenai pemilihan kepala daerah (pilkada) belum berlarut kemarin.

kata kabid humas polda sulawesi selatan juga barat kombes pol endi sutendi selama makassar, selasa, ketiga warga dan ditangkap tersebut masing-masing at, su, suh. ketiganya tertangkap sesudah dua rekannya yang lain yakni ws alias c serta i sudah diamankan terlebih dahulu.

ia menyampaikan, untuk pelaku berinisial su dikenal berprofesi dibuat pegawai negeri sipil dalam kabupaten luwu. sementara dua yang lain dan juga berstatus pns tersebut telah diamankan sehari sebelumnya yaitu at serta suh.

dengan ditangkapnya tiga pihak ini, total terduga pelaku pembakaran telah banyak lima orang. daripada kelimanya, anggota baru mau mengembangkannya dulu untuk menjerat kompolotan lainnya yang menggarap pelemparan bom molotov tersebut, katanya.

mantan wakapolrestabes makassar tersebut mengaku apabila pihaknya telah menambah kekuatan personel agar mengendalikan situasi kota palopo pascakerusuhan dan terjadi akibat ketidakpuasan hasil perolehan suara dengan salah Satu kandidat dan kalah dalam pilkada palopo, haidar basir-thamrin (hatita).

Lainnya: Dealer Honda - Dealer Honda - Dealer Honda Jakarta

pembakaran dan terjadi pada minggu (31/3) telah melumpuhkan sejumlah pelayanan di kantor pemerintahan serta itu dan yang menjadi alasan supaya menambah pasukan agar keuntungan itu tidak dulu berlanjut, ujarnya.

personel gabungan dan dikerahkan selama antaranya dari brigadir mobile (brimob) polda sulselbar yang berjumlah kurang lebih 400 pihak. dibandingkan 400 itu, terdiri dari datasemen a makassar juga datasemen b kota parepare.

selain pasukan dari brimob, dan ada pasukan dibandingkan unsur tentara nasional indonesia (tni) dan zat lainnya serta turut juga supaya mengamankan situasi kondusif dalam kota palopo.

kombes endi sutendi menjelaskan kronologis pembakaran itu terjadi setelah massa dan diduga daripada kubu hatita mendatangi kantor komisi pemilihan publik kota palopo tempat rapat pleno perhitungan suara putaran kedua.

proses perhitungan suara di kantor kpu telah mendapat pengawalan ketat dibandingkan aparat kepolisian dan dibantu dari tni dan zat yang lain, namun angka massa jauh lebih besar.

awalnya berjalan kondusif daripada pagi sampai siang hari, namun sesudah perhitungan tuntas diselenggarakan, massa yang berjumlah lebih daripada 500 orang tersebut datang juga langsung melempar serta membakar, katanya.

aparat gabungan yang berada di tujuan bekerja memukul mundur massa dari pasangan nomor urut lima ini, tapi pilihan ketika saling lempar terjadi, kebakaran tiba-tiba ditampilkan dari kantor wali kota palopo.

sebelum api padam yang diikuti melalui kebakaran selama tempat lainnya, diantara lain kantor partai golkar, kantor panitia pengawasan (panwas) kantor camat wara timur serta kantor media palopo pos dengan bersamaan dan ikut terbakar.

massa tandingan daripada pemenang putaran kedua, judas amir-ahmad syarifuddin (ja) dan jumlahnya hampir sama dengan massa nomor urut lima itu kemudian saling lempar bom molotov juga mencari benda lainnya berhasil dipukul mundur dengan pasukan pengamanan.

hingga ketika ini, situasi sudah mulai terkendali, sementara anggota pengamanan baru tetap siaga mengantisipasi terjadinya kerusuhan lanjutan, tegas mantan wakapolrestabes makassar endi sutendi.