AS jamin sekutunya yang gelisah diusili Korea Utara

amerika serikat menegaskan lagi komitmennya melindungi jepang melalui deterens nuklir setelah meningkatnya ancaman perang nuklir dari korea utara, di pembahasan dalam tiga hari antara kaum diplomat juga pejabat pertahanan as - jepang.

pertemuan dua tahunan tersebut digelar selama pangkalan angkatan laut kitsap pada negara bagian washington. di sini kaum pejabat jepang diajak tur melihat sebuah kapal selam serta fasilitas peluru kendali trident yang adalah bagian dari arsenal nuklir as.

pembicaraan ini dirancang untuk meyakinkan sekutu-sekutu kita bahwa as memperpanjang deterens melalui kredibel, andal juga berdaya tahan, papar bagian as seperti dikutip afp.

korea utara juga jepang sempat ingin mengembangkan kemampuan nulklir strategisnya tapi as meyakinkan kedua sekutunya tersebut bahwa bomber, kapal selam juga peluncur rudal nuklir mereka dapat menjawab semua potensi ancaman, tidak merujuk ancaman korea utara.

Informasi Lainnya:

korea utara diperkirakan ingin meluncurkan peluru kendali jarak menengahnya di pantai timur negara itu menjelang selebrasi nasional 15 april lusa.

jepang yang merupakan satu-satunya negara yang sudah mengalami serangan nuklir, telah memerintahkan militernya menembak jatuh semua peluru kendala dan diluncurkan korea utara dan mengarah ke wilayahnya, itulah afp.