25 rumah rusak berat akibat longsor di Bandung barat

badan nasional penanggulangan bencana (bnpb) mengatakan kiranya sejumlah wilayah di bandung barat mengalami bencana longsor hingga mengakibatkan 23 properti rusak berat.

hujan dengan intensitas tinggi telah mendorong longsor di tiga kecamatan, tutur kepala pusat data Informasi juga humas bnpb sutopo purwo nugroho pada jakarta, selasa.

sutopo menyebutkan tiga kecamatan itu merupakan kecamatan gununghalu, kecamatan rongga dan kecamatan cipongkor kabupaten bandung barat.

kondisi permukiman yang berada pada tebing perbukitan curam serta kondisi lereng berupa lahan pertanian semusim telah menyebabkan wilayah itu mempunyai risiko longsor tinggi, katanya.

dia menyebutkan, tercatat 23 rumah rusak berat, 97 properti terancam longsor serta 87 jiwa mengungsi akibat longsor di tiga kecamatan itu.

Informasi Lainnya:

sebagian warga masih mengungsi pada properti kerabatnya dan lebih tidak berbahaya katanya.

dia menambahkan, dengan pemukiman yang dibangun dalam perbukitan berlereng curam serta tutupan hutan sangat sedikit serta kondisi tanah yang tebal dan mempunyai mata air di bagian tengah update batuan keras pada bagian bawah lapisan tanah memperbesar resiko longsor.

untuk tersebut pemda mesti memfasilitasi teknologi konservasi tanah juga air terhadap masyarakat untuk risiko bencana dapat diminimalisir, katanya.

banyak produk teknologi sederhana supaya mengatasi longsor, tutur dia, bagus dengan fisik dan vegetatif dan disesuaikan kondisi setempat.