Jordan benarkan 35.000 pengungsi kembali ke Suriah

ada 35.000 orang pengungsi suriah tinggal dari kamp al-za`tari di amman ke tanah air mereka sejak awal krisis agar menghindari kondisi buruk mereka menderita dalam kamp.

juru bicara urusan pengungsi suriah di jordania, anmar al-hamoud, menegaskan kepada afp bahwa persentasi pengungsi suriah dan tinggal ke negara mereka secara sukarela sejak awal krisis mencapai 34,824 pihak.

ia menambahkan kiranya pemerintah jordania meyakinkan kamis tentang kembalinya 2500 pengungsi daripada kamp al-za`tari ke suriah atas permintaan mereka sendiri.

puluhan pengungsi suriah tinggal ke suriah di pilihan bulan terakhir, karena kondisi kehidupan yang besar dalam kamp juga kurangnya pelayanan kemanusiaan serta medis, penculikan aksi, perampokan dan kebakaran.

Informasi Lainnya:

kantor berita afp sebelumnya, hampir 35.000 pengungsi suriah sudah pulang daripada jordania sejak konflik selama negara mereka pecah di maret 2011, sementara persentasi dan lebih sulit malahan masuk di eksodus bulan lalu saja, papar benar juru bicara pemerintah, jumat.

sebanyak 34.824 pengungsi suriah sudah kembali ke negara mereka dari awal krisis, tutur juru bicara pendataan pengungsi, anmar al-hammud.

dia menyampaikan sekitar 2.500 daripada mereka telah kembali atas permintaan sendiri daripada kamp pengungsi zaatari dalam jordania utara selama kamis dengan santunan jasa keamanan jordania.

jordania menyatakan pihaknya menampung lebih dari 475 ribu pengungsi dari suriah, termasuk lebih daripada 146 ribu pengungsi dalam zaatari, sebuah kamp perbatasan yang penghuninya sudah mengerjakan pilihan penampilan protes atas kondisi kehidupan yang sulit.

lebih dari 41 ribu pengungsi suriah memasuki jordania pada bulan maret saja, kata hammud. ia menambahkan kiranya kerajaan itu takut angka pengungsi hendak melonjak adalah 700 ribu selama akhir tahun ini.

sebanyak 1,2 juta warga suriah telah melarikan diri ke negara-negara tetangga dalam dua tahun terakhir, tutur komisariat tinggi pbb untuk pengungsi, demikian oana.