Iran-IAEA akan gelar pembicaraan pada 15 Mei

badan tenaga atom internasional (iaea) mengumumkan kiranya putaran kesepuluh pembicaraan diantara iran juga iaea mau digelar selama 15 mei selama wina.

iran juga iaea sudah bertemu selama sembilan putaran pembahasan dari akhir 2011. pertemuan terakhir mereka digelar dalam ibu kota iran, teheran, selama pertengahan februari.

setelah babak kesembilan pembicaraan, deputi direktur jenderal iaea dan kepala departemen perlindungan herman neckaerts menyatakan, kedua bagian tak mampu mencapai kesepakatan perihal modalitas akan tetapi iaea berkomitmen supaya meneruskan pembicaraan.

iran dan iaea sudah membahas lebih daripada Satu tahun untuk mencari modalitas untuk menunjukan apa iran mesti menjawab pertanyaan iaea mengenai isu kemungkinan dimensi militer (pmd) dari program nuklir iran.

Informasi Lainnya:

amerika serikat, rezim israel serta beberapa sekutunya menuduh iran telah salah mengejar lokasi non-sipil pada program energi nuklirnya.

iran secara tegas menolak tuduhan itu, melalui alasan kiranya untuk komitmen penandatangan perjanjian non-proliferasi dan anggota iaea, dia berhak supaya membeli teknologi nuklir supaya lokasi damai.

selain tersebut, iaea telah menggarap berbagai inspeksi fasilitas nuklir iran, ternyata tak pernah menemukan bukti dan menunjukkan kiranya website energi nuklir teheran telah dialihkan ke arah lokasi militer, demikian catatan irna.