PM Turki tetap akan ke Gaza sekalipun AS keberatan

perdana menteri turki recep tayyip erdogan pada selasa menungkapkan akan tetap mengerjakan perjalanan ke jalur gaza pas dengan rencana pada bulan depan, biarpun amerika serikat menyerukan menunda kunjungan itu.

tidak banyak masalah supaya menunda perjalanan itu, kata erdogan dalam televisi turki, lapor afp.

washington telah mendesak erdogan untuk menunda mengunjungi wilayah palestina yang miskin itu melalui mengatakan manakala keputusan tersebut akan mengganggu upaya amerika serikat supaya menghidupkan kembali proses perdamaian pada timur tengah dan hampir mati.

erdogan menekankan apabila waktu yang tidak salah supaya kunjungannya ke gaza mau ditetapkan setelah ia melakukan pertemuan melalui presiden amerika serikat barack obama pada gedung putih pada 16 mei.

Informasi Lainnya:

dalam perjalanan ke istanbul pada akhir pekan, menteri luar negeri amerika serikat john kerry menyampaikan kalau perjalanan tersebut hendak lebih bagus kalau ditunda seraya mendesak erdogan supaya menanti situasi dan tidak keliru.

itu adalah perasaan kami dengan konstruktif bahwa kami berpikir apabila waktunya sangat berguna sehubungan melalui proses perdamaian dan kami coba supaya wujudkan, tegas kerry.

erdogan mengecam balik komentar kerry melalui tegas juga mengatakan, kami harapkan dia tidak mengatakan itu.

pada senin, ankara menyatakan kecewa dengan komentar kerry.

pernyataan kerry tidak tidak salah secara diplomatis papar wakil perdana menteri turki bulent arinc pada wartawan.

terserah pemerintah kami supaya mengambil langkah ke mana perdana menteri kami atau pejabat dipercaya turki melawat juga kapan.